Sunday, January 20, 2019

CANDUQQ | DUKUNG KPU, BPN SEBUT DEBAT CAPRES HAMBAR KARENA SOAL PERTANYAAN SUDAH BOCOR

DUKUNG KPU, BPN SEBUT DEBAT CAPRES HAMBAR KARENA SOAL PERTANYAAN SUDAH BOCOR




CANDUQQ- Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi mendukung keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang tak lagi memberikan kisi-kisi pertanyaan sebelum debat capres. Menurutnya, kualitas debat akan menjadi lebih menarik tanpa bocoran soal. Adapun debat kedua akan digelar pada 17 Februari mendatang.

"Debat kemarin terasa hambar karena sepertinya yang diberikan KPU ke paslon bukan lagi kisi-kisi tapi pertanyaan yang utuh, redaksinya terdengar sama," kata Juru Bicara Direktorat Advokasi BPN, Habiburokhman di Posko Direktorat Advokasi BPN, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (19/1).

Habiburokhman mengatakan masyarakat Indonesia sebagai pemilih harus bisa mendapatkan paparan visi misi program setiap kandidat yang komprehensif. Adanya bocoran soal, kata dia, membuat paparan kandidat tak optimal.

"Bahwa rakyat pemilih adalah pemangku kepentingan utama Pemilu. Mereka harus diberikan kesempatan untuk menilai kualitas capres dalam berdebat dan menyampaikan visi misi," tutur Habiburokhman.
Habiburokhman mengklaim ketiadaan kisi-kisi pertanyaan ini sejalan dengan kemauan masyarakat Indonesia. Klaim ini ia sampaikan berdasarkan banyaknya jumlah retweet di Twitter terkait petisi online yang ia buat.

"Tadi pagi saya bikin petisi online di Twitter minta KPU tidak lagi berikan kisi-kisi pada debat berikutnya, dalam waktu singkat petisi tersebut sudah di-retweet ratusan orang," kata Habiburokhman.

Agen Domino- Habiburokhman juga menyarankan agar KPU mengevaluasi kinerja moderator dalam debat. Menurutnya, moderator harus bisa tegas dalam membatasi dan mengingatkan setiap kandidat apabila pertanyaan atau jawaban tidak sesuai dengan konteks topik.

Ia memberikan contoh moderator yang diam saja saat Jokowi mempertanyakan mantan narapidana korupsi dari Partai Gerindra yang mendaftar sebagai calon anggota legislatif.

"Itu pertanyaan personal yg seharusnya ditegur moderator," kata Habiburokhman.

Senada, Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma"ruf, Moeldoko juga mengapresiasi keputusan KPU tidak lagi memberikan bocoran kisi-kisi pertanyaan debat.

No comments:

Post a Comment