Monday, July 29, 2019

Error, Duit Bank Mandiri Rp 10 Miliar Belum Dikembalikan Nasabah

Error, Duit Bank Mandiri Rp 10 Miliar Belum Dikembalikan Nasabah


Error, Duit Bank Mandiri Rp 10 Miliar Belum Dikembalikan Nasabah

Direktur Bisnis dan Jaringan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk., Hery Gunadi menyebutkan terdapat 2.600 nasabah yang menarik duit saat saldonya meningkat saat sistem menikmati error pada 20 Juli 2019 lalu. Dari jumlah itu, kata dia, saat ini masih sekitar Rp 10 miliar yang belum dikembalikan ke Bank Mandiri.

Berdasarkan penjelasan dari Hery, jumlah yang belum mengembalikan duit Bank Mandiri itu sekitar 10 persen dari total nasabah yang menikmati penambahan saldo saat bank pelat merah tersebut merasakan kegagalan sistem. Namun, Bank Mandiri menyatakan tidak akan memberi sanksi guna nasabah yang belum mengembalikan itu.

Error, Duit Bank Mandiri Rp 10 Miliar Belum Dikembalikan Nasabah

"Kelebihan memang ada yang narik, namun saya dan kamu lakukan pendekatan persuasif. Kita ngomong baik-baik, diajak bicara akhirnya mereka sadar. Kalau tidak ada kesalahan, tidak lakukan apa-apa itu tanggung jawab bank," ujar Hery di Gedung Ombudsman, Jakarta, Senin, 29 Juli 2019.

Di lokasi yang sama, Corporate Secretary Bank Mandiri Rohan Hafas menambahkan, terdapat sekian banyak dalil yang membuat nasabah belum mengembalikan duit itu. Misalnya, ada yang masih berada di luar negeri.

"Mereka narik lewat mobile banking. Itu gampang. Intinya kecil banget, mungkin sekarang di bawah Rp 10 M. Kecil. Maaf ya, 10 M mungkin kedengerannya besar, tapi dari sisi jumlah nasabah (yang) akumulasinya Rp 1.000 triliun, itu kecil," kata Rohan.

Berdasarkan penjelasan dari dia, nilai di bawah Rp 10 miliar tersebut pun bukan berpotensi hilang, karena Bank Mandiri menggarap pendekatan langsung dan sudah mengenal nasabah-nasabah tersebut.

Sebelumnya, Bank Mandiri menyatakan bahwa pada Sabtu, 20 Juli 2019 telah terjadi gangguan sistem yang membuat saldo nasabah bertambah maupun berkurang secara drastis. Gangguan itu terjadi akibat adanya error saat akan dilakukan perpindahan dan pemeliharaan proses dari core system ke back up system yang rutin dilaksanakan setiap akhir hari. Sekitar 10 persen nasabah Bank Mandiri menikmati kehilangan atau pertambahan saldo secara tiba-tiba.

Layanan Bank Mandiri sendiri telah kembali beroperasi 100 persen sejak Sabtu sore, 20 Juli 2019. Keluhan dari nasabah sebelumnya muncul di sebanyak wilayah maupun lewat media sosial.

No comments:

Post a Comment