Sunday, December 16, 2018

CANDUQQ | LONGSOR DI JEMBER PULUHAN WARGA DI EVAKUASI

LONGSOR DI JEMBER PULUHAN WARGA DI EVAKUASI




CANDUQQ-  Tanah longsor menimpa perkebunan teh Gunung Gambir, Dusun Tampingan, Desa Gelang, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Sabtu (15/12) malam.

"Hujan deras yang mengguyur kawasan perkebunan teh milik PTPN XII sejak siang hingga malam hari mengakibatkan tanah longsor di lereng Gunung Gambir," ujar Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember Heru Widagdo, seperti dilansir Antara.

Menurut dia, curah hujan yang tinggi membuat volume air sungai meningkat. Akibatnya, aliran deras membuat tebing di kawasan sekitar longsor hingga dua kali.

Sebanyak tiga rumah dilaporkan rusak berat tertimbun tanah, sedangkan satu rumah lainnya rusak ringan. Rumah-rumah tersebut milik warga yang bekerja di perkebunan Gunung Gambir.

Tidak ada korban jiwa yang dilaporkan dalam kejadian ini. Namun, sekitar 86 warga sempat dievakuasi, karena khawatir terjadi longsor susulan.

"Sebanyak 20 kepala keluarga (KK) diungsikan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Sebab, 20 rumah warga itu lokasinya kurang aman," katanya.

Lebih lanjut ia menyebut kendala yang dihadapinya, yaitu jalan menuju lokasi tanah longsor yang relatif jauh.

No comments:

Post a Comment