Wednesday, December 19, 2018

CANDUQQ | EMPAT TERSANGKA SUAP MEIKARTA HADAPI DAKWAAN KPK HARI INI

EMPAT TERSANGKA SUAP MEIKARTA HADAPI DAKWAAN KPK HARI INI




CANDUQQ- Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Bandung menggelar sidang perdana kasus dugaan suap pengurusan izin proyek pembangunan Meikarta, di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Rabu (19/12).

Jaksa penuntut umum Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan membacakan surat dakwaan empat tersangka dalam kasus dugaan suap tersebut.

Para tersangka itu adalah Direktur Operasional Lippo Group, Billy Sindoro; pegawai Lippo Group, Henry Jasmen; serta dua konsultan Lippo Group yaitu Taryudi dan Fitra Djaja Purnama.

"Hari ini secara formil dakwaan akan dibacakan, kami akan uraikan perbuatan dari para terdakwa itu," kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah saat dikonfirmasi.

"Karena yang baru diproses adalah pihak yang diduga pemberi, maka tentu peran dari pemberi ini yang akan lebih banyak diulas," ujarnya menambahkan.

Febri menyatakan dalam surat dakwaan itu KPK akan membeberkan peran masing-masing terdakwa, perintah dalam memberikan uang suap kepada Bupati nonaktif Bekasi, Neneng Hasanah Yasin, termasuk kepentingan Lippo Group dalam proyek Meikarta.

"Kami menduga suap ini bukan untuk kepentingan orang per orang yang memberikan uang itu, tapi terkait dengan kepentingan Lippo Group, perusahaan yang ada di Lippo Group untuk proyek Meikarta, nah itu nanti akan kami uraikan lebih rinci," kata dia.

Persidangan masing-masing terdakwa itu akan dipimpin Tardi selaku ketua majelis hakim dengan dua anggota majelis yakni Judianto Hadilaksana dan Lindawati.

Agen Domino- Dalam kasus ini, KPK menetapkan sembilan orang tersangka. Neneng dan anak buahnya diduga menerima Rp7 miliar secara bertahap lewat Billy. Uang itu diduga bagian dari jatah yang dijanjikan sebesar Rp13 miliar.

Neneng sendiri telah mengembalikan uang sekitar Rp5,9 miliar kepada penyidik KPK. Dia mengakui uang yang dikembalikan itu adalah bagian dari yang pernah diterimanya terkait pengurusan izin proyek Meikarta.

Meikarta merupakan salah satu proyek prestisius milik Lippo Group. Penggarap proyek Meikarta adalah PT Mahkota Sentosa Utama, anak usaha dari PT Lippo Cikarang Tbk. Secara keseluruhan, nilai investasi proyek Meikarta ditaksir mencapai Rp278 triliun.

No comments:

Post a Comment