Saturday, March 30, 2019

Rumus Formula Pada Microsoft Excel



Rumus Formula Pada Microsoft Excel



1. SUM


Rumus SUM ini paling sering di gunakan, fungsi utamanya adalah untuk penjumlahan /menjumlahkan. Misal :


=SUM(B12:B25) artinya menjumlahkan data di kolom B12 sampai B25

2. AVERAGE
Fungsi untuk mengabil nilai rata-rata suatu variable, misal :


= AVERAGE(D7:E7) artinya menngambil nilai rata-rata dari D7 sampai E7.


rumus average excel Rumus Rumus Excel 2007 Lengkap

3. AND
Fungsi Menghasilkan nilai TRUE jika semua argument yang di uji bernilai BENAR DAN FALSE jika semua atau salah satu argument bernilai SALAH.


Contoh kasus : Peserta ujian dinyatakan lulus jika nilai ujian teori
dan praktik masing-masing harus di atas 7, jika kurang dari 7 maka
dinyatakan gagal.


rumus if dan and 450x103 Rumus Rumus Excel 2007 Lengkap4. NOT


Fungsi not kebalikan dari fungsi AND, yakni menghasilkan TRUE jika
kondisi yang di uji SALAH dan FALSE jika kondisi yang di uji BENAR


rumus not pada excel 450x173 Rumus Rumus Excel 2007 Lengkap

5. OR
Fungsi Menghasilkan TRUE jika beberapa argument bernilai BENAR dan FALSE jika semua argument SALAH


rumus or dalam excel 450x144 Rumus Rumus Excel 2007 Lengkap

6. SINGLE IF
Fungsi Menguji kebenaran suatu kondisi, contoh kasus


rumus IF dalam excel 450x150 Rumus Rumus Excel 2007 Lengkap

7. MULTI IF
Fungsi hampir sama dengan fungsi IF akan tetapi di ambil dari dua kondisi. contoh kasus


rumus multi if 450x115 Rumus Rumus Excel 2007 Lengkap

8. AREAS
Fungsi Menampilkan jumlah area (range atau sel) dalam suatu referensi (alamat sel atau range yang di sebutkan). Contoh kasus


fungsi areas 450x195 Rumus Rumus Excel 2007 Lengkap

9. CHOOSE
Fungsi Menampilkan hasil pilihan berdasarkan nomor indeks atau urutan
pada suatu referensi (VALUE) yang berisi data teks, numeric, formula
atau nama range.


rumus choose in excel Rumus Rumus Excel 2007 Lengkap

10. HLOOKUP


Fungsi Menampilkan data dari sebuah
tabel yang disusun dalam format mendatar. syarat penyusunan tabel ; data
pada baris pertama harus berdasarkan urutan dari kecil ke besar
/menaik. misal ; 1,2,3,4…. atau huruf A-Z. Jika anda sebelumnya
mengetikkan secara acak silhakan urutkan dengan menu Ascending. contoh
kasus




rumus hlookup di excel 450x206 Rumus Rumus Excel 2007 Lengkap

11. VLOOKUP


Fungsi menampilkan data dari sebuah
tabel yang disusun dalam format tegak atau vertikal. syarat penyusunan
tabel data pada baris pertama harus berdasarkan urutan dari kecil ke
besar /menaik. misal ; 1,2,3,4…. atau huruf A-Z. Jika anda sebelumnya
mengetikkan secara acak silhakan urutkan dengan menu Ascending. contoh
kasus




rumus vlookup in excel 450x123 Rumus Rumus Excel 2007 Lengkap

12. MATCH
Fungsi menampilkan posisi suatu alamat sel yang di tetapkan sebelumnya yang terdapat dalam sekelompok data. contoh kasus


rumus match in excel 450x315 Rumus Rumus Excel 2007 Lengkap13. COUNTIF


Fungsinya untuk menghitng jumlah cell dalam suatu range dengan
kriteria tertentu. adapun rumus yang serng digunakan adalah
=COUNTIF(range;kriteria).


Misal : menghitung jumlah siswa yang tidak lulus ujian /remidi.
=COUNTIF(D1:D45;”remidi”) maka dari contoh tadi keterangan siswa berada
di range D1 sampai D45 dimana keterangannya remidi. maka hasilnya adalah
total siswa yang remidi.

14. VALUE digunakan untuk merubah nilai value menjadi nilai
text, penulisannya : =VALUE(text)



15. Fungsi MID

digunakan untu mengambil karakter tertentu dari sederet karakter, penulisannya
: =MID(text,posisi awal,jumlah karakter)16. CONCATENATE

digunakan untuk menggabungkan string menjadi satu kalimat maksimal 30 string,
penulisannya =CONCATENATE(text1,text2,…)


17. MAX

Digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari sekumpulan data, penulisannya : =MAX(number1,number2,…)



18. Fungsi STEDEV

Digunakan untuk menentukan standart devisiasi dari suatu range, penulisannya : =STEDEV(number1,number2,…)





19.
Fungsi VAR


Digunakan untuk menentukan nilai varience dari suatu range, penulisannya :
=VAR(number1,number2,…)





20. UPPER

Fungsi ini akan membuat semua text yang ada di sel menjadi huruf besar semua.
penulisannya: = UPPER(text)





21. LOWER

Fungsi ini kebalikan dari fungsi UPPER, yaitu menjadikan huruf kecil semua.
penulisannya: =LOWER(text)





22. PROPER

Fungsi ini akan membuat teks menjadi huruf besar di karakter pertama di setiap
kata. Penulisannya: =PROPER(text)




23. FACT



Menyatakan faktorial dari suatu bilangan.
Penulisan : =FACT(…)





24. RAND



Menyatakan jumlah real secara acak merata
lebih besar dari atau sama dengan 0 dan kurang dari 1. Sebuah bilangan real
baru secara acak akan diperlihatkan setiap kali lembar kerja dihitung.
Penulisan =RAND(…)






Perhatian : Dalam beberapa kasus rumus yang menggunakan koma “,” tanpa petik atas ” tidak bisa di gunakan, jadi sobat ganti tanda koma”,” dengan tanda titik koma “;” tanpa tanda ” begitupun sebaliknya.




sumber :



https://www.google.com/



http://www.kaskus.co.id/thread/529f1c03c1cb173b4e0002df/rumus-formula-pada-microsoft-excel/



http://ilmuonline.net/rumus-rumus-excel-2007-lengkap/





Source

No comments:

Post a Comment